philippe coutinho barcelona 2019

Tiga Transfer Termahal Dalam Sejarah Barcelona

Barcelona terkenal sebai klub yang kerap menghasilkan pemain muda berbakat dari akademi sepakbolanya. Akan tetapi kebijakan tersebut nampaknya sudah hilang selama lebih dari setengah dekade terakhir.

Dulu Barcelona memiliki jebolan La Masia yang sangat luar biasa di antaranya adalah Lionel Messi, Andres Iniesta, Xavi Hernandez, Carlos Puyol, Sergio Busquets hingga Carles Puyol.

Tapi semua hanya tinggal kenangan. Sejak kursi presiden klub dipegang oleh Jose Maria Bartomeu, Barcelona lebih senang mencari pemain jadi.

Contoh terbaru adalah Frenkie de Jong. Pemain internasional Belanda itu bergabung dengan raksasa Katalan dengan banderol transfer senilai 86 juta euro. Tapi bukan cuma De Jong, sebelumnya sudah ada sejumlah transfer besar yang dilakukan oleh Barcelona. Siapa saja mereka?

  1. David Villa

David Villa diplot sebagai suksesor Zlatan Ibrahimovic yang hijrah ke AC Milan pada musim panas 2010 dimana dia adalah salah satu pilihan utama bos Barcelona kala itu.

Los zulgrana mendaratkn sang pemain dengan mahar senilai 40 juta euro setelah tampil gemilang bersma tim nasional Spanyol serta Valencia. Dana sebesar itu tergolong mahal kala itu bagi seorang pemain yang telah menginjak usia 29 tahun.

  1. Philippe Coutinho

Barcelona sudah sejak lama mengincar Philippe Coutinho yang bersinar bersama Liverpool, meski begitu harapan Barca selalu dihalangi oleh The Reds yang menolak kehilangan pemain kuncinya. Tapi pada akhirnya upaya mendaratkan Coutinho terwujud tahun 2017 silam karena saat itu mereka juga ditinggal Neymar.

Los Cules membeli gelandang Brasil itu dengan banderol senilai 120 juta euro. Tetapi bukannya menggantikan peran Neymar, Coutinho justru gagal menunjukkan permainan terbaik. Ia nampak kehilangan tajinya dalam membobol gawang lawan sehingga gagal memenuhi ekspetasi klub.

  1. Neymar

Dan terakhir Neymar adalah satu dari tiga daftar pemain yang benilai sangat mahal dalam sejarah trasnfer Barcelona. Barca berhasil mengamankan tanda tangan Neymar pada 2013 silam dengan mahar sebesar 57,1 juta euro, walauada dugaan memakan dana lebih dari itu.

Banderol Neymar yang setinggi langit dibayar penuh lewat performa di atas lapangan. Dia memegang peranan penting di lini serang dan menciptakan trisula maut bersama Messi dan Luis Suarez.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *