Damir Skomina Liga Champions

Kisah Kontroversial Damir Skomina Sang Wasit Ajax VS Madrid

Ajax Amsterdam sempat mencetak gol ke gawang Real Madrid pada menit ke-37. Namun, gol yang dicetak oleh Nicolas Tagliafico tersebut tidak disahkan oleh wasit Damir Skomina, dimana dia merupakan wasit pengganti di pertandingan ini.

Pada akhirnya, Real Madrid menang dengan skor 2-1 atas Ajax Amsterdam pada pertandingan putaran pertama babak 16 Besar Liga Champions 2018/2019 ini. Pertandingan dimainkan di Amsterdam Arena, Kamis (14 Februari 2019) dini hari WIB.

Insiden yang dialami gol Tagliafico memang jadi perdebatan tersendiri, apalagi Ajax Amsterdam hanya kalah dengan skor tipis. Ada banyak perbedaan pendapat ihwal sah atau tidaknya gol tersebut. Namun, Skomina memilih untuk tidak mensahkan gol tersebut.

Gol Tagliafico Tidak Sah
Ajax Amsterdam membobol gawang Real Madrid pada menit ke-37. Prosesnya berawal dari tendangan pojok. Thibaut Courtois gagal menangkap dengan baik sundulan Mathijs De Ligth. Kemudian terjadi kemelut.

Saat itulah, Nicolas Tagliafico menyundul bola. Sementara, nampak pula ada gerakan yang dilakukan oleh Dusan Tadic yang berada di dekat Courtois. Mulanya, gol sundulan Tagliafico dianggap sah. Namun, setelah melihat VAR, wasit asal Slovakia tersebut memilih menganulirnya. UEFA kemudian punya alasan mengapa gol tersebut tidak sah.

Dalam laporan yang dikutip dari portal Berita Bola, UEFA menilai Dusan Tadic terlibat dalam permainan, walaupun tidak menyentuh bola. Dia dinilai menghalangi pergerakan Courtois. Dalam aturan, kejadian tersebut memang masuk dalam katergori offside.

Jejak Kontroversi Damir Skomina
Sosok Damir Skomina disorot usai pertandingan Ajax Amsterdam melawan Real Madrid. Namun, bukan kali ini saja wasit berusia 42 tahun itu membuat sebuah keputusan yang menuai kontroversi. Skomina punya jejak kontroversi lain.

Skomina pernah diserang oleh mantan manajer Arsenal, Arsene Wenger pada tahun 2012 silam. Saat itu Arsenal kalah 3 gol tanpa balas dari AC Milan. Wenger merasa Skomina terlalu sering memberi tendangan bebas untuk Milan.

Skomina juga memimpin pertandingan AS Roma VS Liverpool musim lalu di Liga Champions. Saat itu, dia mengabaikan dua klaim penalti yang dilakukan oleh pemain AS Roma. Skomina juga pernah jadi dimaki-maki oleh Jose Mourinho pada tahun 2015 silam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *