Juventus

Juventus Desak Serie A Ubah Jadwal Kick-Off Untuk Pasar Asia

Juventus meminta kepada badan operator Serie A untuk mengubah jam kick-off pertandingan di musim 2019/2020 agar fans yang berasal dari benua Asia juga bisa menyaksikan pertandingan dengan leluasa.

Selama ini pertandingan-pertandingan Serie A dibagi ke dalam empat jadwal waktu dalam satu hari di akhir pekan. Mulai dari siang, petang, hingga malam hari waktu Italia.

Waktu kick-off pertandingan-pertandingan terakhir tentu kurang bersahabat bagi fans yang berada di Asia Timur dan Asia Tenggara, termasuk Indonesia karena mereka harus begadang hingga fajar untuk menyaksikan pertandingan tersebut.

Juventus melihat persoalan inilah yang menjadi salah satu faktor Serie A kalah pamor ketimbang Premier League Inggris dan La Liga Spanyol yang memang memiliki waktu kick-off lebih bersahabat.

“Kita harus bisa membagi waktu yang adil untuk penonton domestik dan global. Bukan hanya soal waktu penyiaran, tapi juga masalah distribusi hak siar dan siapa saja yang berhak menyiarkan pertandingan,” jelas petinggi Juventus bidang bisnis, Giorgio Ricci kepada BBC Sport.

Juventus bukan klub Italia pertama yang meminta perubahan jadwal kick-off Serie A. Sebelumnya, Inter Milan yang dimiliki pengusaha Tiongkok, Suning Group juga sempat melontarkan kritik kepada Serie A karena kurang serius dalam menggarap pasar global.

Beberapa musim terakhir klub-klub Eropa, termasuk Italia semakin gencar dalam melakukan penetrasi pemasaran yang ditujukan pada para penggemar di Benua Asia. Beberapa klub Serie A seperti Juventus, AC Milan, hingga Inter Milan kini rutin menyambangi benua Asia dalam tur pramusim mereka.

Juventus sendiri baru saja membuka perwakilan kantor mereka di Hong Kong. Artinya, La Vecchia Signora melihat Asia sebagai pasar yang semakin penting untuk mereka dan juga Liga Italia Serie A.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *