Josep Guardiola Messi

Guardiola Gagal Juara Liga Champions Karena Dia Tak Punya Messi

Legenda sepakbola asal Belanda, Ruud Gullit, menilai ada satu faktor penting yang membuat Josep Guardiola selalu gagal di ajang Liga Champions setelah meninggalkan Barcelona. Guardiola gagal karena tidak punya Lionel Messi di timnya.

Guardiola baru saja menerima kenyataan pahit atas kegagalan Manchester City di ajang Liga Champions. Langkah The Citizen terhenti di babak perempat final. Mereka disingkirkan oleh sesama klub Premier League, Tottenham Hotpsur.

Selama tiga musim menjadi juru taktik Manchester City, Guardiola selalu gagal meraih gelar Liga Champions. Melangkah ke final saja belum pernah. Hal yang sama juga dia alami saat masih jadi juru taktik Bayern Munchen.

Gagal Karena Tidak Punya Messi
Pada saat masih jadi juru taktik Bayern Munchen, Guardiola mampu menyabet sederet gelar di pentas domestik. Begitu juga ketika menjadi pelatih Manchester City. Tapi, pelatih berusia 48 tahun gagal di kompetisi Eropa.

“Alasan kegagalan utama Josep Guardiola gagal di Liga Champions adalah karena dia tidak punya Lionel Messi dalam timnya. Itu menjadi perbedaan besar,” ucap Ruud Gullit dikutip dari beIN Sports.

“Dia pernah hampir juara dengan Bayern Munchen. tapi dia tidak bisa melakukannya. Menjadi juara Bundesliga bersama Bayern Munchen bukanlah sebuah hal yang bisa dibanggakan karena mereka memenangkannya hampir setiap musim,” sambung eks pemain AC Milan tersebut.

Selama masih melatih Barcelona, Guardiola memang sudah pernah memenangkan juara Liga Champions. Dua gelar juara dia berikan pada klub asal Catalan yakni pada musim 2008/2009 dan musim 2010/2011. “Saya tahu dia memimpikan juara Liga Champions lagi dan saya kasihan padanya,” papar Gullit.

Lebih Mudah dengan Barcelona
Menurut Gullit, yang pernah meraih dua gelar Liga Champions sebagai pemain, Guardiola cukup beruntung punya skuad hebat di Barcelona. Keberhasilan Guardiola bersama Blaugrana bukan hal yang mengejutkan jika melihat pemain yang ada.

Saat itu, Barcelona diperkuat oleh belasan pemain top dunia seperti Lionel Messi, Xavi Hernandez, Andres Iniesta, David Villa, Carlos Puyol, Samuel Eto’o, Thierry Henry hingga Dani Alves.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *